Selamat Hari Raya Waisak 2559

1-960-x-428-px.Web-Banner-Vesak-Day.jpgHari Raya Waisak jatuh pada tanggal 2 Juni 2015 yang merupakan hari Selasa, dimana semua umat Budha di Indonesia akan merayakan hari suci yang memiliki makna sangat penting.

Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, Waisak atau Waisaka merupakan hari suci agama Buddha. Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka.

Waisak dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting.
Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.,
Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodhgaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.
Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.

Tiga peristiwa ini dinamakan “Trisuci Waisak”. Keputusan merayakan Trisuci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists – WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950. Perayaan ini dilakukan pada purnama pertama di bulan Mei.

Demikian ulasan singkat mengenai sejarah dan makna Hari Raya Waisak, sekarang di sini akan disuguhkan kumpulan-kumpulan ucapan selamat Hari Raya Waisak 2015 yang dapat Anda kirim kepada mereka, saudara, teman, kolega, atasan yang merayakan hari raya suci ini

Bella Marie Hunk from Spain

Leave a Reply