Selamat Hari Anti Narkoba Sedunia

HARI ANTI NARKOBA SEDUNIA
26 JUNI 2015

Hari ini, tepat tanggal 26 Juni, dunia memperingati sebagai hari Anti Narkotika. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Anang Iskandar mengajak masyarakat untuk melakoni hidup sehat yang menurutnya bisa menjauhkan masyarakat dari jeratan narkoba. Ajakan hidup sehat sejalan dengan tema peringatan Hari Anti Narkotika Internasional yang mengusung tema Let’s Develop Our Lives, Our Communities, Our Identities, Without Drug.

“Ini diperingati sebagai keprihatinan bangsa di dunia yang belum menyelesaikan masalah narkoba. Hidup sehat ini syarat Indonesia dan bangsa lain agar narkoba tidak akan tumbuh,” ujar Anang di sela acara diskusi panel di Jakarta Timur, Kamis, 25 Juni 2015 Anang juga meyakini dengan hidup sehat serta didukung program rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba maka Indonesia akan bebas dari narkoba. “Kalau kita hidup sehat, yang sudah direhabilitasi beberapa tahun kemudian akan selesai dan saya yakin Indonesia bebas narkoba,” ujarnya

Puncak peringatan akan diselenggarakan di Istana Negara pada pukul 09.00 WIB akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan jajaran menteri Kabinet Kerja. Dalam perayaan itu BNN juga akan memberikan penghargaan bagi para pelaku yang berjuang memberantas mata rantai narkoba. “Hari ini akan kita berikan penghargaan terhadap mereka-mereka yang berjuang dalam memberantas peredaran narkoba. Ada empat kategori yakni di bidang pemberantasan, bidang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), bidang rehabilitasi dan bidang pencegahan.”

Hari Anti Narkoba Internasional diperigati setiap tanggal 26 Juni. HANI diperingati oleh PBB untuk melawan penyalahgunaan obat-obatan dan penjualan obat secara ilegal. Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional dimulai pada 26 Juni 1988. Tanggal 26 Juni dipilih untuk memperingati pengungkapan kasus Lin Zexu dalam perdagangan opium di Humen, Guangdong, sebelum Perang Opium. Pencanangan itu diresmikan PBB melalui sebuah resolusi PBB 42/112 yang dikeluarkan pada 7 Desember 1987. Lin Zexu adalah pejabat jujur yang hidup pada masa Kaisar Daoguang dari Dinasti Qing. Lin seorang filsuf, ahli kaligrafi dan penyair yang terkenal dengan perjuangannya menentang perdagangan opium di Tiongkok oleh bangsa asing.

11012639_10203132651676971_4259912536732623597_n

Bella Marie Hunk from Spain

Leave a Reply