STUDY BANDING HMB 2014

cats

Semarang (2/07/14), pukul 15.00  Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) beserta perwakilan biro- biro yang ada di jurusan Biologi Universitas Diponegoro Semarang siap melakukan perjalanan Semarang- Bogor- Semarang, untuk melaksanakan Study Banding ke Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) IPB. Bukan hanya itu, sebelumnya kita akan mengunjungi LIPI, Lembaga Penelitian terbesar di Indonesia, disinilah para Scientist mengembangkan bidangnya. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 16 jam untuk sampai di Bogor. Walaupun bulan puasa, tetapi tidak mengurangi semangat dan antusias para Mahasiswa untuk mencari ilmu di himpunan tetangga.

Bogor (3/07/14), pukul 07.00 bus rombongan HMB tiba di LIPI Bogor, tepatnya di bidang Bioteknologi dan Mikrobiologi. Disini kita dijelaskan mengenai sejarah singkat LIPI dan bidang-bidang yang ditekuni saat ini. Kita juga dipersilahkan untuk melikat dan masuk ke dalam laboratorium LIPI, tempat para pekerjanya melakukan penelitian. Disepanjang perjalanan dari gerbang sampai di dalam ruangan LIPI, terlihat lingkungannya bersih, rapi, tidak ada sampah yang berserakan, bahkan sampah daun sekalipun. Di dalam ruang laboratorium pun, suasana memang sunyi, bukan karena tidak ada orang, tetapi karena orang-orang yang berada di LIPI  sedang serius dengan pekerjaannya. Setelah pukul 11.00, kita melanjutkan perjalanan menuju ke tujuan utama kita. Kurang lebih membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di IPB.

Pukul 13.00 bus rombongan HMB sampai di Fakultas Peternakan IPB. Tepatnya di ruang aula Fak. Peternakan lantai 1, kita disambut hangat oleh anggota Himabio IPB. Secara singkat, tujuan dari Studi Banding ini adalah untuk menjalin silaturahmi antara HMB UNDIP dengan Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas lain. Disamping itu, kita bisa berbagi ilmu satu sama lain.

Rangkaian acara Studi Banding tidak begitu formal dan tidak begitu  non-formal. Dengan dipandu MC dari Himabio IPB, kegiatan diawali dengan sambutan dari dosen pembimbing mahasiswa Biologi IPB, dan dilanjutkan perkenalan dari masing-masing Himpunan. Diawali oleh Wendy Nurul Fadila, perwakilan dari IPB menjelaskan proker Himabio IPB secara umum, dilanjutkan perkenalan proker HMB UNDIP oleh Tony Abdillah Gumilar, selaku ketua HMB UNDIP 2014. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan proker dan sharing dari tiap-tiap departemen/ divisi dari masing-masing Himpunan. Pada pelaksanaannya kegiatan ini berlangsung lancar, diselingi dengan candaan oleh MC dari Himabio IPB. Tidak ada rasa canggung untuk masing-masing himpunan.

Pukul 18.00, acara diskusi diakhiri sejenak, dilanjutkan dengan buka bersama dan shalat magrib. Tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 19.00, acara diskusi diakhiri dan ditutup dengan hiburan akustik dan tari saman dari mahasiswa IPB. Sebelum pamit pulang, penyerahan plakat dari HMB UNDIP kepada Himabio IPB, dan sebaliknya dilanjutkan dengan foto bersama.

Dengan adanya study banding ini, harapannya jalinan silaturahmi ini tidak berhenti sampai disini saja, tetapi bisa berlanjut untuk kedepannya.

Biologi!! Jaya!!

HMB 2014.. KITA LIAR!!
Bella Marie Hunk from Spain

Leave a Reply