Gerakan Penanaman 500 Pohon Hutan Edukasi UNDIP

Semarang (21/3)- Setelah tertunda beberapa waktu, akhirnya kegiatan penanaman 500 pohon sukses dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat pukul 14.00 WIB, bertempat di Hutan Edukasi kampus Undip Tembalang, tepatnya berada di wilayah Jangli, belakang kampus FEB Undip. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Biologi dan para dosen Biologi Undip. Tak lupa Dekan Fakultas Sains dan Matematika, Dr. Muhammad Nur, DEA juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Dekan FSM (Fakultas Sains dan Matematika), Dr. Muhammad Nur, DEA.  Setelah memberikan sambutan, Bapak Muhammad Nur membuka acara penanaman 500 pohon hutan edukasi dengan menanam bibit pohon yang telah disiapkan. Acara dilanjutkan dengan penanaman 500 bibit pohon oleh mahasiswa Biologi Undip dan para dosen yang hadir. Bibit pohon yang ditanam merupakan bibit pohon yang memiliki potensi untuk berbuah dan memiliki kemampuan dalam menyerap air hujan, sehingga tidak menyebabkan banjir.Kegiatan yang dilakukan bukan hanya menanam bibit pohon saja, tetapi juga pengadopsian serta pemberian nama pada masing-masing pohon yang kita tanam, sehingga nantinya kita masih bisa mengetahui pohon mana yang dulu kita tanam. Nah, hal inilah yang membuat kegiatan ini menjadi lebih berkesan bagi para penanamnya.

Walaupun cuaca saat itu tidak begitu cerah, tetapi hal itu tidak mengurangi minat dan antusias para mahasiswa dan dosen dalam mensukseskan kegiatan tersebut.  “Dengan diadakannya penanaman 500 pohon di Hutan Edukasi ini diharapkan nantinya, hutan ini dapat menjadi sarana konservasi, dan bahkan menjadi hutan edukasi berbasis ekowisata” Ujar Dr. Jafron Wasiq H., M.Sc, salah satu dosen Biologi, selaku ketua pelaksana Hutan Kampus Undip.

Melalui penanaman bibit- bibit pohon tersebut, artinya kita telah menanam harapan untuk 5, 10, bahkan 20 tahun kedepan. Ketika kita menanam benih, meskipun awalnya kecil, namun jika kita bersedia merawatnya, kelak kita sendiri yang akan menuai dan memanennya.

Link video: https://www.youtube.com/watch?v=-_SxMQk-2dg

BIOLOGI, JAYA!!

HMB 2014, KITA LIAR!!

Artikel oleh: Berlian Abadianti

Editor: Elin Safitri Aviani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>