DIALOG AKADEMIS

Selasa,  8 Oktober 2013, Departemen Kesma baru saja mengadakan Dialog Akademis antara birokrasi jurusan dengan mahasiswa Biologi. Dialog Akademis ini merupakan satu-satunya acara besar anak kesma, biasanya kesma bergerak di belakang layar membantu advokasi dan kesejahteraan mahasiswa lainnya. Dialog akademis adalah suatu acara yang diadakan khusus untuk menampung aspirasi dari mahasiswa Biologi, membahas fasilitas-fasilitas jurusan dan permasalahan yang sering dirasakan mahasiswa Biologi dalam kegiatan perkuliahan maupun praktikum serta salah satu bentuk keterbukaan birokrasi terhadap mahasiswa Biologi. Dialog akademik merupakan salah satu usaha dalam memajukan biologi bersama-sama dari dua arah, yakni mahasiswa dan birokrasi.

Acara Dialog Akademis ini berlangsung dengan baik dan lancar. Awalnya, hanya beberapa mahasiswa yang memberanikan diri untuk bertanya, namun ketika mulai terbuka semakin banyak mahasiswa yang antusias untuk bertanya, memberikan saran, bahkan kritikan yang membangun. Banyak hal-hal yang dibahas dalam Dialog Akademis ini, diantaranya seperti masalah fasilitas laboratorium yang minim sekali, alat-alat yang terbatas, bahan praktikum yang terbatas juga sehingga terkadang mahasiswa harus mencari sendiri bahan praktikum yang digunakan. Ada juga mahasiswa yang menanyakan tentang ketidakseimbangan antara pembagian kelas dan penambahan jumlah peserta didik yang semakin tahun semakin banyak. Tidak hanya kritik yang disampaikan, ada beberapa masukan dan saran yang membangun guna kemajuan jurusan Biologi Undip sendiri. Semua hal-hal ini dibahas tuntas secara transparan antara birokrasi dan mahasiswa. Tidak ada hal-hal yang ditutup-tutupi, tidak ada hal yang disembunyikan, semua hal yang dilontarkan kedua pihak murni untuk kemajuan jurusan kita sendiri.

Acara selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Walaupun acara yang dilakukan sangat singkat dan mungkin belum menampung semua aspirasi mahasiswa. Harapannya setelah diadakan Dialog Akademis ini, jurusan Biologi kita semakin maju, masalah-masalah yang ada segera terselesaikan, saran-saran yang membangun semoga segera terealisasikan dan semakin naiknya tingkat kesejahteraan mahasiswa Biologi. Semoga Biologi semakin Berjaya. Biologi…..JAYA!

Artikel Oleh: Endah Dwi Jayanti

Editor: Elin Safitri Aviani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>