SEMINAR NASIONAL BIOLOGI “Peran Biologi dalam Meningkatkan Produktivitas yang Menunjang Ketahanan Pangan”

Hallo warga Biologi, lama tidak berjumpa.. Apa kabarnya nih? Keliatannya tambah semangat ya di semester baru ini.. Ada acara yang baru loh dari jurusan kita tercinta ini, penasaran acara apa itu? yuk, simak artikel ini.

Tanggal 14 September 2013 kemarin telah diselenggarakan Seminar Nasional Biologi. Ini adalah hasil dari kerjasama dari warga Biologi, mulai dari dosen, mahasiswa S2,dan mahasiswa S1. Seminar ini diadakan di LP2MP, Widya Puraya, Universitas Diponegoro. Acara dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Seminar nasional ini mengangkat tema “Peran Biologi dalam Meningkatkan Produktivitas yang Menunjang Ketahanan Pangan”. Seminar nasional ini adalah sebagai salah satu wujud upaya untuk membangun kesadaran berwawasan lingkungan kepada masyarakat yang menunjang peningkatan produktivitas pangan nasional.

Acara berlangsung sangat kondusif dengan keynote speaker yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Beliau adalah Prof. Wasmen Manalu, PhD (Guru Besar Institut Pertanian Bogor), dengan materi “Peran Biologi dalam Meningkatkan Produktivitas yang Menunjang Ketahanan Pangan”, Dr. Enny Yusuf Wachidah Yuniwarti, MP (Peneliti dan Dosen Jurusan Biologi FSM Universitas Diponegoro) mengenai “Potensi Virgin Coconut Oil dalam Peningkatan Imunitas Aves terhadap Inveksi Virus Avian Influensa”, dan Masna Mayasinta S.Si (Indonesian Biotechnology Research Institute for Estate Crops, Bogor, Indonesia) mengenai “Bioteknologi Tanaman Perkebunan: Kultur Jaringan Beberapa Tanaman Perkebunan Potensial”. Para hadirin terlihat antusias dalam menerima materi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi diskusi. Selain ada materi utama dari para keynot speaker, para hadirin juga mengikuti sesi presentasi oral yang disampaikan oleh para pemakalah yang dibagi menjadi 4 bidang. Bidang tersebut adalah Optimasi produk tumbuhan yang menunjang ketahanan pangan, Optimasi produk hewan yang menunjang ketahanan pangan, Biodiversitas yang menunjang ketahanan pangan, dan Lingkungan dan konservasi yang menunjang ketahanan pangan.

Acara ini dapat dikatakan sukses. Buktinya saja jumlah peserta seminar ini sebanyak 225 orang dimana telah melampaui kuota yang ditentukan sebelumnya. Peserta seminar yang hadir berasal dari dosen, peneliti, mahasiswa, unsur swasta, guru-guru, penggiat lingkungan, dan stakeholders lainnya yang bergerak di bidang penelitian pemanfaatan dan konservasi sumber daya hayati.  Harapannya acara ini dapat menjadi sebuah inspirasi dan cikal bakal majunya ketahanan pangan di Indonesia. Semoga Seminar Nasional Biologi ini akan terus berlangsung di tahun-tahun berikutnya.

Nah, menarik bukan acaranya? Dijamin nyesel nih yang kemarin ngga ikutan…

BIOLOGI…..JAYA !!!!!!!!!!

Sampai jumpa di lain kesempatan

Artikel oleh: Dyah Palupi

Editor: Elin Safitri Aviani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>