FARMER DAY!!!

hari tani

Hy. Sobat Bioman…!! Apa kabar semua?

Semoga sehat ,sejahtera , dan baik-baik saja… 😀
Well ada yang tahu kah , topik kita kali ini ???
Today is 24 september and that is Farmer day!!!
 Sudahkah petani Indonesia sejahtera……?bisa jadi!!!

Sudahkah petani Indonesia memiliki tanah yang cukup untuk diolah…..? bisa jadi!!

Sudahkah petani cukup makan…..?bisa jadi!!!
Pertanyaan itulah yang harus kita jawab bersama, baik sebagai petani, aktifis petani, pengurus organisasi tani, ataupun pemerintah .
kalau kita melihat data dan fakta, kita  pasti akan sepakat  menjawab dengan kata “belum”.

Ini fakta yang ada di Negara agraris yang kita cintai ini.  Berdasarkan data Biro Pusat Statistik mengemuka bahwa sebagian besar penduduk miskin berada di pedesaan. Dan sebagian besar mereka bermata pencarian sebagai seorang TANI alias PETANI !!!

Jika dulu kita pernah menjadi Negara swasembada pangan dibidang pertanian mengapa sekarang sebaliknya? Bukannya export malah impor melulu -.- hadeh…

piye lek kabare? Isih penak zamanku to yo? (isi tulisan poster bapak pembangunan yang beredar di pinggiran jalan sambil tersenyum melambaikan tangan)

 bisa bayangkan jika di indonesia ga ada yang mau jadi petani lagi? Mau makan apa kita -.-“ ?

untuk itulah para pejuang bangsa Pada tanggal 24 September 1960, membuat Undang dasar Pokok Agraria (UUPA), yang diharapkan menjadi tonggak perubahan kaum tani dan diangkatnya harkat dan martabat petani Indonesia.

Hari yang bersejarah inilah yang biasa kita maknai sebagai Hari Tani Nasional 24 September…

so guys sebagai penikmat/ pengonsumsi / penerima asal jadi jgn sekali” ente membuang / menyisahkan makanan yang udah susah payah ditanam…

ini bukan PR pemerintah saja sebagai generasi muda kita wajib ikut andil caranya gmn? Ya belajar , penelitian atau apapun yang mengoptimalkan pertanian di Indonesia … apalagi anak biologi (-.-“)

Semoga swasembada pangan bisa terulang kembali dinegeri agraris tercinta ini. Amin. :)

 

Edited by Indra Prawira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>