STUDY BANDING TO UNY

Salah satu program kerja HMB 2013 adalah STUDI BANDING. Pada periode 2013 ini diputuskan untuk mengunjungi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Proker ynag satu ini diketuai oleh Tony Abdillah Gumilar. STUBAND kali ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 1 juni 2013. Selain pengurus HMB 2013, STUBAND ini dihadiri juga oleh perwakilan dari biro-biro yang ada di biologi. Apa saja yang dibahas dalam STUBAN ini? Ya, dalam STUBAN ini nantinya akan membahas masing-masing proker dari HMB UNDIP dan HIMABIO UNY (sebutan dari himpunan mahasiswa biologi UNY).

 

Hari sabtu pagi pukul 05.00 WIB kita semua berkumpul di pelataran Gedung Serba Guna (GSG) UNDIP, namun pemberangkatan dari Semarang menuju Yogyakarta dilakukan pada pukul 6.30. Keterlambatan dalam perjalanan ini tidak menyurutkan semangat pengurus HMB Undip 2013 ‘KITA BISA’ ini menyemaraki agenda tahunan ini. Pasalnya, dalam perjalanan, panitia sudah menyiapkan ‘Sesuatu’, apakah sesuatu itu.. penasarann.. hehee ya, sesuatu itu adalah sebuah permainan yang dapat dikatakan cukup menghibur dalam perjalan. Permainan ini berupa seperti undian pemenang juara yah, karena kita semua adalah sang juara. Jadi, sudah disiapkan kertas berupa nomor kursi mobil, lalu pengambilan dilakukan secara acak dan yang beruntung, dia akan maju untuk mengekspresikan diri baik berupa lantunan sebuah lagu atau  mau stand up comedy mau curhat itu hak yang tergantung dari kreativitas masing-masing.

 

Uniknya dalam permainan ini adalah pada saat istirahat di ambarawa, panitia mempunyai ide spesial untuk ketua HMB kita Indra Prawira. Nah, ketika Indra Prawira sedang ke belakang (toilet), kita sengaja mencari nomor kursi yang ditempati oleh beliau. Hahaha kena deh… pada saat melanjutkan perjalanan, permainan pun dilanjutkan dan majulah ketua kita ini, ketika ditanya mau ngapain, dia ingin nyanyi saja tapi harus ada yang menemani disampingnya cieee haha, nyanyilah dia dengan melantunkan sebuah lagu dari soundtrack film Habibi dan Ainun yaitu Cinta Sejati. Ternyata pak ketua romantis juga yah hehehe…

 

Setelah merasa cukup untuk bermain di bus, kita memutuskan istirahat sejenak untuk menyiapkan energi saat nanti tiba di UNY. Perjalanan yang kami ditempuh selama 4 jam, akhirnya tibalah di gedung Rektorat UNY. Sepertinya kita disambut bak pahlawan, mereka menyambut kita dengan hangat dan menciptakan suasana kekeluargaan. Kemudian kita diajak untuk ke ruangan yang sudah dipersiapkan oleh mereka. Kami pun saling berkenalan satu dengan yang lain, dan kita mempunyai keluarga baru di UNY ini. Ketika diruangan, mualailah acaranya, seperti biasa ada pembukaan dan sambutan, setelah itu langsung ke acara intinya yaitu silaturohim mengenal program kerja antara HMB UNDIP dengan HIMABIO UNY. Pertama yang menyampaikan proker adalah dari HMB UNDIP, ketua HMB kitalah yang mempresentasikan apa saja yang spesial di himpunan biologi 2013 ini juga memperkenalkan himpunan biologi undip ke mereka. Mulai dari susunan kepengurusan 2013, kemudian HMB UNDIP itu seperti apa, sejarahnya bagaimana, dan proker proker yang besar, sedang, dan kecilnya apa saja. Setelah memaparkan dari kita, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari ketua himpunan biologi UNY yaitu Gana Yuriko Putra. Sama halnya seperti pemaparan dari indra prawira menjelaskan  mengenai susunan kepengurusan 2013, kemudian HIMABIO UNY itu seperti apa, sejarahnya bagaimana, dan proker proker yang besar, sedang, dan kecilnya apa saja.

 

Setelah panjang lebar membahas mengenai program kerja dari masing masing HMB, masuklah waktunya ishoma yang dihiasi dengan hujan rintik rintik. Setelah itu acara dilanjutkan dengan ice breaking yang menampilkan sesuatu dari HMB UNDIP maupun dari HMB UNY. Spesialnya lagi, pada saat ice breaking, ketua dari kita dengan mereka saling adu skill tarik suara, ya meskipun itu paksaan dari forum sih hehe, namun keberanian dan suara mereka tidak kalah dengan penyanyi sekelas Afgan Syahreza (padahal jauh sih) hehe… Persembahan dari mereka berdua membuat suasana semakin meriah. Terbukti bahwa kita satu kelurga yaitu Keluarga Besar Biologi. Kemudian setelah ice breaking dilanjutkan dengan diskusi bersama yakni tanya jawab mengenai proker yang tadi disampaikan dan  duduk berkumpul antar department untuk sharing apa saja yang ada di department tersebut. Sesi diskusi selesai, acara pun selesai yang dilanjutkan dengan tukar kenang kenangan dan foto bersama semua pengurus Himpunan Mahasiswa Biologi. Harapan yang didapat pada kesempatan bersillaturahim ini adalah semakin erat tali kekeluargaan dari Biologi sendiri baik yang di Himpunan maupun bukan yang di Himpunan, kemudian saling bertukar ilmu, dan yang paling penting adalah menjalin jaringan antar keluarga Biologi.

 DSC_0309

Sekitar pukul empat kita selesai dari silaturahim dengan keluarga di UNY, saatnya kita melanjutkan perjalanan ke tempat wisata di yogyakarta, apalagi kalau bukan “Malioboro”. Kita bebas berekreasi untuk sekedar melihat pemandangan yang ada disekitar malioboro atau mungkin ada yang sudah mempersiapkan untuk belanja. Asal jangan lupa aja oleh oleh buat panitianya ya hehe…

 

Setelah asyik bermain di malioboro, sekitar pukul 7 malam kita kumpul semua di bis kemudian packing untuk melanjutkan perjalan pulang ke Tembalang UNDIP Semarang. Didalam bis perjalanan pulang, panitia berencana untuk mengumumkan pemenang yang beruntung pada saat permainan tadi pagi dengan melihat respon tepuk tangan dari teman teman semua, tapi melihat kondisi dari teman yang sudah kelelahan dan banyak yang tidur, jadi pembagian hadiah dipending hehe. Sekitar pukul 00.00 tengah malam, alhamdulilah kita tiba di Tembalang. BIOLOGI… JAYA!!! BIOLOGI… JAYA!!! BIOLOGI… JAYA!!!

Artikel oleh: Tony Abdillah Gumilar

Editor: Elin Safitri Aviani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>