SEC (Short Enterpreneur Course)

HMB 2013, di bawah naungan Departemen Ekonomi hadir lagi dengan program baru yang cetar membahana, yaitu SEC (Short Enterpreneur Course). apa sih SEC itu? SEC adalah suatu program yang mana program ini memfasilitasi mahasiswa biologi UNDIP untuk mengekspresikan idenya dan memberanikan diri untuk memulai usaha walaupun dalam skala kecil. Tema acara SEC adalah “Young Saintist, Young Enterpreneur”, tema ini diusung dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak-anak biologi sebagai saintist muda bangsa dan menambah wawasan mengenai pembuatan proposal pengajuan.

 

SEC diketuai oleh Arrofi Elyas Kutsuma Admaja. Kegiatan SEC ini  terdiri dari beberapa rangkaian acara, dimulai dari tanggal 29 Mei 2013, pada hari ini acaranya adalah pembekalan yang mana dimaksudkan agar para peserta mempunyai bekal bagaimana membuat proposal yang baik dan benar dan mempunyai pandangan serta bayangan skema dari kegiatan yang akan diikutnya nanti. Pembekalan ini turut menggundang salah satu dosen Biologi yang berkenan sebagai juri dan pemateri yaitu Bapak Drs. Sapto Purnomo P. Msi. PhD.

 

Rangkaian acara SEC selanjutnya adalah pengumpulan proposal, batas akhir pengumpulan yaitu tanggal 8 Juni 2013, yang mana setelah itu disortir dan dinilai oleh dosen biologi yang berperan sebagai juri untuk diambil 3 terbaik yang akan diberi kesempatan untuk merealisasikan karyanya. Proposal yang diajukan formatnya tidak rumit, hanya 3 lembar yang terdiri dari latar belakang dan cara kerja belum termasuk cover.

 

Setelah proposal 3 besar terbaik dipilih, tanggal 11 Juni 2013 malam diumumkan kepada seluruh peserta SEC  melalui SMS. Tanggal  12 Juni 2013 diberlangsungkannya technical meeting untuk membahas teknis realisasi dari 3 terbaik yang nantinya akan diberikan modal untuk merealisasikan proposalnya. Dana realisasi yang diberikan sebesar Rp. 100.000.

 

Tepat pada hari Jum’at tanggal 14 Juni 2013, 3 tim terbaik ini merealisasikan karyanya, 3 tim terbaik yaitu tim pertama menjanjakan Donat Ubi (DOBI) yang dibuat oleh saudari Ayu Hanintya dan Saudari Oktivani, Tim kedua menjanjakan choklat jamu atau chocoherbs yang dibuat oleh saudari Fajria Darel Sofiana, dan Tim ketiga menjanjakan Bakso Tempe kemul (Bak Temul) yang dibuat oleh saudari Putri Kusumaning Dewi, saudari Imroatul Khasanah dan saudari Atika Oktavianti. Realisasi ini bertujuan untuk melatih kemampuan marketing peserta, dan nantinya akan dinilai untuk dipilih juara I, juara II dan juara III.

 

Hari sabtu, tepatnya tanggal 15 Juni 2013 diselenggarakan seminar SEC yang menampilkan pembicara-pembicara hebat. Pembicara pertama yaitu Bapak Drs. Edy Darmoyo (master trainer, motivator, coach and directure TPC corporation), pembicara yang kedua yaitu mas Tri Wahyudi (motivator & entrepeneur muda) dan simulator kewirausahaan yang dipimpin oleh Hassanudin Hady (owner freshasan). Pada tanggal ini, dilangsungkannya pengumuman untuk pemenang lomba. Juara I dimenangkan oleh Tim yang menjanjakan Bak Temul, Juara II dimenangkan Oleh Tim yang menjanjakan Chocoherbs, dan Juara III dimenangkan oleh Tim yang menjanjakan Dobi. Juara I dihadiahi uang sebesar Rp. 700.000, Tropy dan sertifikat peserta. Juara II dihadiahi uang sebesar Rp. 500.000, tropy dan sertifikat peserta. Juara III dihadiahi uang sebesar Rp 300.000, tropy dan sertifikat peserta.

 

Acara SEC ini berlangsung dengan Sukses dan meriah, harapannya adalah dengan diadakannya SEC ini jiwa kewirausahaan dari para peserta yang merupakan Anak Biologi UNDIP akan timbul, serta akan menumbuhkan rasa bangga menjadi anak biologi Universitas Diponegoro.

 

Young saintist, Young Enterpreneur!! Yes, I AM !!

 

HMB 2013, KITA BISA!

BIOLOGI, JAYA!

UNDIP, JAYA

 

1

Pak edi selaku pembicara dengan mas indra selaku ketua HMB 2012

 






2

foto bersama panitia dan para pemenang

 

3

mas hasan selaku simulator bersama dengan para pemenang

 

4

foto arrofi selaku ketua panitia bersama dengan Kak TW

5

Acara simulasi kewirausahaan

  6

suasana haru dari pemenang Juara I

 

Artikel oleh: MUHAMMAD HADI EL AMIN

Editor oleh: Elin Safitri Aviani

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>