SOSIALITA

Halo kawan…tahu gak kalo kemarin kita pengurus HMB 2013 ada acara apa? HMB 2013, habis ngadain Upgrading 3 bulan pertama dengan konsep makrab yang bernama SOSIALITA. Hmmm apasih konsep acara Sosialita ini? Jadi di Sosialita ini kita meningkatkan soft skill leadership dan profesionalitas kerja melalui outbond dan sharing antar pengurus PH maupun Departemen. Sosialita sukses diadakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 18-19 Mei 2013 di Barak TNI Bantir, Sumowono. Terus apa aja sih kegiatan Sosialita kemarin? Ya yang pertama nih kita berangkat dari FSM sekitar pukul 14.00 dan sampai di tempat acara sekitar pukul 16.00. Sesampainya di sana kita disambut dengan udara segar pegunungan dan air yang sedingin es. Kita istirahat dan acara pertama kita adalah pensi atau penta seni dari para pengurus HMB 2013. Jangan ditanya kreativitas pengurus HMB 2013 ini, mereka mampu menampilkan pensi yang sangat menghibur hanya dengan berlatih 2 jam sebelum tampil lho, sukses bikin kita sebarak geger. Nah habis pensi ini, lanjut ke salah satu acara utama kita yaitu sharing PH dan Departemen. Di sini kita keluarin unek-unek, kritik, dan saran buat kemajuan HMB yang lebih baik lagi. Acara sharing ini berlangsung khidmat dengan hanya diterangi lilin-lilin. Setelah sharing kita istirahat untuk persiapan outbond keesokan harinya.

Keesokannya sekitar jam 3 pagi kita dibangunin buat renungan. Suasana lebih khidmat daripada sharing dan berhasil bikin pengurus sadar akan kekurangannya selama 3 bulan pertama ini. Ya lanjut ke pagi harinya sekitar jam 08.00 ada kegiatan outbond seru. Outbond dimulai dengan perkenalan instruktur dari OASE dan pemanasan. Kemudian ada permainan lempar bola dan lempar gelas. Wah kalau yang lempar gelas ini kita dituntut bener-bener percaya pada rekan, fokus dan konsentrasi. Kemudian ada main tembak lawan. Kocak nih soalnya banyak yang salah nyebutin kelompok, salah perintahlah banyak yang gugur, dan kelompok yang bertahan adalah kelompok 5 yang manusia-manusianya adalah hadi 2012, bimo 2012, yudhi 2012, fitria 2011, shifa 2011. Lanjut ke lomba balap. Ini lebih seru lagi, jadi nih kita diwajibkan memakai seragam unik, mau balap tapi pake sarung, pake pelampung pake dasi dan banyak lagi. Kita harus mengambil gelas yang ada di seberang. pembalapnya ada 5 orang yang akan ganti-ganti baju dibantu temennya yang ada di pit. Kemudian ada outbond lain. Disini kita dibagi 2 kelompok. Kelompok pertama akan bermain ranjau dan kelompok kedua akan bermain oper bola dengan kaki. Kedua outbond ini benar-benar melatih kesabaran, kekompakan, percaya kepada teman dan saling membantu. Kemudian outbond penentu buat the big mission adalah voli pantai. Apa nih voli pantai? Kita kan di gunung mana ada pantai? Ternyata voli pantai ini voli dengan menggunakan kain buat serve dan passingnya serta menggunakan balon berisi air sebagai bolanya. Banyak yang basah nih pas voli pantai.

Pemenang dari semua season game ini mendapatkan kehormatan buat the big mission. Misi yang harus mereka selesaikan adalah membawa lilin dalam keadaan menyala untuk menyalakan keempat lilin di seberang lapangan. Tapi ini gak gampang, karena mereka harus melewati hujan lemparan plastik berisi air. Setelah berkali-kali  mereka berusaha, akhirnya lilin tetap menyala sampai tujuan dan dapat menyalakan lilin-lilin yang lain. Sesi ini pun mengakhiri acara outbond dan acara sosialita kali ini.

Dari keseluruhan acara sosialita kali ini kita dapat merasakan apa itu arti kerjasama, kesuksesan, kekeluargaan, kemandirian, kepercayaan. Harapannya, semoga acara sosialita ini membuat anggota pengurus hmb lebih semangat dan berkontribusi lebih untuk memajukan HMB UNDIP yang lebih baik lagi.

DSC_0158

HMB 2013, KITA BISA!

BIOLOGI JAYA!!

artikel oleh: Endah Dwi Jayanti dan Waheni Rizki A.

editor: Elin Safitri Aviani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>