Replant Mangrove With IKAHIMBI

Replant Mangrove With IKAHIMBI. Merupakan acara yang di laksanakan pada hari minggu, 29 mei 2011 di UGM yang bekerja sama dengan IKAHIMBI Jawa 2(Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia) dan diikuti oleh beberapa Universitas seperti UNNES, UNDIP, UNS, UNSOED, USP, UNY, USD,UMP, dan UIN SUKA . Acara ini di laksanakan di desa pasir mendit kulon progo Yogyakarta dengan menanam 1000 bibit mangrove Rhizopora sp di pinggiran sungai di desa tersebut. HMBiologi UNDIP mengirimkan 5 perwakilan,  yaitu genoveva preta angelika, rizky panji N, Luthfy A.N. Fatkhu Zaimah dan Viena Aviati .

sungguh penuh perjuangan menuju Yogyakarta, kami menuju jogja dengan mengendarai motor selama 5 setengah jam, dikarenakan adanya macet, tapi perjuangan itu tidah sia-sia, acara tersebut sangat bermanfaat dan seru. Kita dapat terjun langsung untung melindungi bumi tercinta yaitu dengan penanaman mangrove ini dapat mencegah abrasi. karena tanaman mangrove memang harus di tanam di tempat yang ber lumpur seluruh peserta harus merelakan dirinya dan bajunya untuk berkotor-kotoran dengan lumpur, tapi bukankah berani kotor itu baik ^^. Acara tersebut dapat menambah jaringan dan teman-teman baru dari setiap universitas .selain kita dapat menanam mangrove secara langsung kita juga di bekali ilmu oleh ketua komunitas mangrove desa setempat yaitu bapak suwito. “beberapa kendala sulitnya penanaman mangrove di daerah tersebut yaitu kurangnya perhatian dari pemerintah setempat, karena kurangnya dana, pagar2 yang sudah rusak belum bisa di benahi, selain itu dengan adanya kerbau warga banyak mangrove yang di makan sapi sehingga tidak dapat tumbuh lagi hingga akhirnya mati” ujar pak Suwito.

Menanam 1000 bibit mangrove tentunya tidak mudah,. namun dengan kerjasama dari perwakilan beberapa universitas di jawa tengah dan Yogyakarta bibit tersebut dapat tertanam semua. kendala yang paling menyakitkan adalah dengan adanya koloni kerang yang sangat tajam yang sangat menyakitkan jika menusuk kaki, banyak peserta yang kakinya terlukai oleh koloni kerang tersebut, namun demikian seluruh peserta tetap semangat dan bekerja sama untuk menanam 1000 bibit mangrove yang telah di sediakan panitia.

*fafa bio 09^^*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>